Senin, 19 Maret 2012

latihan bikin proposal


BAB I.  PENDAHULUAN
A.     PENEGASAN JUDUL
Program kuis    : Yang penulis maksud disini ialah program rancangan kuis yng biasanyaya         berbentuk tebak tebakan maupun tanya jawab khususnya dalam media audio (radio) yang berhadiah bagi para peserta kuis tersebut, namun terkadang dalam sebuah permainan kuis mengandung unsur dagang atau promosi yang sering kali kita sebut sebagai iklan.
Radio               : Radio dalam kehidupan sehari hari digunakan sebagai sarana penyampai informasi. Suara yang kita dengar dari pesawat radio merupakan perubahan bentuk energi elektromagnetik dari gelombang radio yang ditangkap oleh pesawat radio, kemudian diubah melalui loudspeaker (pengeras suara) menjadi energi bunyi sehingga bisa kita dengar. Dalam perkembanganya radio yang dulu bisa kita nikmati hanya melaui pesawat radio saja di zaman yang serba modern ini bentuk radio menjadi semakin bermacam-macam seperti radio internet dan telepon genggam yang memanfaatkan fasilitas frekuensi radio.kemajuan ini sama denagn radio swara jepara yang mengudara pada frekuensi 100,9 fm yang beralamat di jalan Brigjen Katamso no.29 Jepara tidak hanya menggunakan gelombang radio saja namun berkembang ke arah streaming atau radio internet.
Alternative promosi pihak sponsor : dalam memperkenalka sebuah produk barang maupun jasa sering kali kita tidak asing dengan istilah iklan, namun dalam hal ini ilkan tidak hanya berbentuk baliho, ilklan televise mapun iklan radio yang berbentuk rekaman saja namun berkaitan dengan kuis yang mengandung promosi dagang juga merupakan salah satu alternative cara produsen memperkenalkan kepada masyarakat luas.
Jadi yang penulis maksud dengan judul “ Study diskriptif Program Kuis Radio Swara Jepara  Sebagai Alternative Promosi Pihak Sponsor “ ialah bagaimana keefektifan kuis tersebut jika dijadikan sebagai alternative promosi dalam menarik daya beli konsumen.
B.     JUDUL PENELITIAN
Jadi dalam penelitian ini, penulis mengambil judul “ Study Diskriptif Program Kuis Radio Swara Jepara Sebagai Alternatif Promosi Pihak Sponsor (Tahun 2012)”

C.     LATAR BELAKANG MASALAH
Radio merupakan komponen media komunikasi massa yang memiliki peran dan hubungan timbal balik dengan sejarah bangsa Indonesia. Dalam perkembangannya radio tidak hanya harus memenuhi dan menciptakan selera publikj tapi juga punya peran di dalam membentuk opini serta control social Konsekuensi dari perkembangan tersebut menuntut radio siaran mengembangkan dan meningkatkan kinerja secara professional untuk disesuaikan dengan dinamika publik yang dilayani dalam sajian hiburan, pendidikan, terutama informasi.keberadaanya di tandai denga emakinn akrabnya edia dengan khalayaknya, untuk itu radio harus memiliki jangkauan selektif terhadap segmen pasar yang telah di tentukannya.
Dalm beberapa program acara di radio barang  kali kita jenuh dengan sajian monoton seperti berita, info menarik serta lagu-lagu di iringi suara penyiar yang aktraktif . Radio selain berfungsi sebagai media massa juga menjadi sarana beriklan dari subuah perusahaan baik itu kecil, menengah maupun besar. Dibandingkan beriklan di media televisi media beriklan di radio selain lebih terjangkau pembiayaanya , juga lebih efektif untuk masyarakat terbatas atau daerah tertentu. Namun selain beriklan radio mengembangkan kreatifitasnya dalam menarik pendengar dan perusahaan dengan mengadakan berbagai permainan yang berhadiah menarik atau yang kita sebut dengan kuis.
Kuis merupakan acara hiburan di radio yang berupa pelombaan adu cepat menjawab, tepat dan cerdas seta berhadiah, kuis sering kali mengandung unsur – unsure promosi. Hal ini menjadi dya tarik tersendiri bagi pendengarnya, sebagai salah satu leader radio swasta di Jepara radio Swara Jepara 100,9 FM sering kali mengadakan kuis yang menarik berhadiah pulsa dan voucher makan. Walaupun hadiah itu terbilang kecil dan tak sebrerapa namun ada kesan khusus bagi para para pendengar setianya .
Yang membuat penulis tertarik dalam hal ini ialah kuis tersebut bukan hanya sebagai permainan yang berhadiah saja namun di dalam permainan tersebut terdapat unsure promosi sehingga pendengar pun tidak hanya tertarik pada permainannya saja namun juga tertarik pada hadiahnya dan menimbulkan rasa penasaran bagi pendengar tentag perusahaan yang turut berpromosi dalam program kuis tersebut.



D.     RUMUSAN MASALAH
Dari latar belakang yang telah penulis paparkan di atas, penulis mengambil rumusan masalah sebagai berikut :
1.      Apa yang menjadi pertimbangan para produsen atau pihak sponsor terhadap mepromosikan produknya melalui program kuis di radio swara jepara?
2.      Bagaimana respon dan minat para pendengar terhadap promosi produk pada program kuis tersebut?
3.      Apakah kelebihan promosi produk melalui program kuis radio dibandingkan dengan memasang iklan radio seperti pada umumnya?

E.      TUJUAN PENELITIAN
Dalam penelitian ini penulis bertujuan untuk mengetahui:
1.      Apa yang menjadi pertimbangan para produsen atau pihak sponsor terhadap mepromosikan produknya melalui program kuis di radio swara jepara?
2.      Bagaimana respon dan minat para pendengar terhadap promosi produk pada program kuis tersebut?
3.      Apakah kelebihan promosi produk melalui program kuis radio dibandingkan dengan memasang iklan radio seperti pada umumnya?

F.      MANFAAT PENELITIAN
1.      Dalam aspek teoritis penulis harapkan penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran tentang bagaimana program kuis dalam artian alternatif promosi itu dapat menarik minat pendengar terhadap suatu produk yang  mensponsori program kuis tersebut.
2.      Dalam aspek praktis penulis harapkan penelitian ini bisa dijadikan bahan pertimbangan dalam penelitian selanjutnya .



Tidak ada komentar:

Posting Komentar