Selasa, 20 November 2012

Jalan Sehat Assalam, tak usah jauh – jauh



Matahari pagi secara perlahan melengserkan dinginnya Kota Solo, Kamis (15/11). Pembagian hadiah kejutan sebanyak 120 item itu memang memakan waktu lama. Sehingga membuat sebagian orang merasa bosan dan mulai meninggalkan acara tersebut. Begitupun Aris Hanafiah, Wakil Kepala Madrasah Tsanawiyah Assalaam Surakarta. Ia kepanasan, selain itu dia juga ingin segera pulang kerumah untuk membersihkan diri.
Aris memang beruntung, pria berbadan subur itu mendapatkan hadiah utama dalam kegiatan Jalan Sehat  Keluarga yang diadakan oleh Pondok Pesantren Mordern Islam (PPMI) Assalam, Solo . Sebuah lemari pendingin yang ia dapatkan membuat iri para peserta jalan sehat lainnya. “Pertama kali mendengar nama saya disebut saya enggak percaya, soalnya banyak yang namanya Aris disini. Namun, setelah saya dengarkan lagi ternyata itu memang nama saya. Senang rasanya, soalnya seumur-umur saya tidak pernah mendapatkan doorprise apalagi mendapat hadiah utama,” ungkapnya. Ia juga menceritakan bahwa semalam ia tak bermimpi apa-apa. “enggak ada firasat apa-apa, lah wong semalam itu saya malah nyuci sepeda dorong punya anak saya, buat persiapan jalan sehat ini” ungkapnya kepada Espos, seusai acara.
Tak terlihat raut wajah yang berekspresi  lelah maupun kepanasan pada guru yang bertempat tinggal di blok B.11 komplek Assalaam itu. “Perjalanan tadi menurut saya pas. Sekitar 2 kilometer mengelilingi komplek Assalaam dan Kampung Gonilan sambil mendorong sepeda anak saya. Cukup untuk menyegarkan badan, fresh rasanya” katanya.
Kegiatan yang diikuti sekitar 1500 orang tersebut, merupakan agenda tiap tahun yang di selenggarakan tepat pada tanggal 1 Muharram. Diikuti seluruh unit keluarga besar Assalaam. Meliputi Yayasan Pengajian Islam Surakarta, Assalaam Medicare, Wisma Assalaam dan PPMI. Para siswa-siswi yayasan pendidikan assalam pun tak mau ketinggalan. walaupun mereka tidak mengikuti kegiatan jalan sehat, namun mereka turut meramaikan acara kamis pagi itu dengan menampilkan berbagai pertunjukan seni.
Di tengah-tengah kepenatan peserta, nampak sekelompok siswa menyanyikan sebuah lagu Jagalah Hati yang pernah di populerkan oleh grup nasyid Raihan. Namun menjadi hal berbeda ketika judul dan lirik lagu tersebut diplesetkan menjadi Jagalah Istri. Terang saja hal tersebut mengundang gelak tawa para peserta. “Anak-anak itu tingkahnya ada-ada saja, benar-benar kreatif,” celetuk salah seorang peserta yang duduk di sebelah kiri panggung.
Acara  yang mengusung tema Dengan Jalan Sehat Kita Ciptakan Assalaam yang Sehat, Indah, dan Berjaya tersebut digelar di Lapangan Parkir Komplek Assalaam. Ketua panitia, Qomarudin menjelaskan selain menumbuhkan rasa kebersamaan dan ajang silaturahmi antar keluarga di yayasan, juga sebagai penanaman pentingnya kesehatan secara terus menerus. “Jadi kita milih rutenya yang tidak terlalu jauh karena yang kita pentingkan adalah membangun kebersamaan dan keakraban di keluarga besar Assalaam,” jelasnya. (mg253)

Noricha Listiyaningrum

solopos poenya
 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar